Pengertian dan Unsur-Unsur Wawasan Nusantara

Pengertian dan Unsur-Unsur Wawasan Nusantara - Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang wawasan nusantara secara lengkap. Istilah wawasan nusantara muncul pada masa orde baru disaat pemerintahan saat itu mengungkapkan gagasan tentang hal ini.

Wawasan nusantara merupakan sebuah pandangan atau wawasan dalam pembangunan nasional yang meliputi bidang alamiah. Bidang alamiah terdiri atas letak geografis, kekayaan alam, dan jumlah penduduk, serta aspek sosial yang meliputi politik, sosial, ekonomi, kebudayaan, dan pertahanan.

wawasan Nusantara
Wawasan Nusantara

Simak pembahasan pengetahuan terbaru dan materi pelajaran terlengkap hanya di Klik Pengetahuan :)

Pengertian dan Unsur Wawasan Nusantara

Dari segi bahasa arti kata wawasan mempunyai arti pandangan, tinjauan, atau cara memandang/meninjau. Sementara arti kata nusantara adalah wilayah negara Indonesia (perairan, kepulauan, udara) yang membentang di seluruh wilayah dalam kesatuan yang bulat.

Dari arti kata diatas maka dapat kita simpulkan pengertian dari istilah wawasan nusantara ini. Wawasan Nusantara adalah cara bangsa Indonesia memandang diri serta alam sekitarnya dengan dasar Pancasila dan UUD 1945 untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional.

Selain pengertian di atas ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam wawasan nusantara ini. Hal tersebut adalah unsur - unsur wawasan nusantara sebagai berikut :
  • Kesatuan politik, kesatuan sosial dan budaya, kesatuan ekonomi serta kesatuan pertahanan dan keamanan.

  • Kesatuan wilayah yang terdiri dari wilayah darat, wilayah perairan, dan wilayah udara.

  • Kesatuan manusia Indonesia dengan wilayah Indonesia yang menjadi tempat tinggal.

Unsur Penting dalam Wawasan Nusantara

Yang perlu kalian ketahui tentang Wawasan Nusantara adalah unsur - unsur yang merupakan kesatuan. Kesatuan yang dimaksud adalah sebagai berikut ini :

1. Kesatuan Politik

Dalam kesatuan politik dapat diartikan sebagai satu kesatuan wilayah dengan segala isi dan kekayaan merupakan milik bersama seluruh rakyat Indonesia. Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, wikayah, dan bahasa daerah harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air dalam mencapai tujuan serta cita negara.

Dengan kesatuan politik diartikan bahwa Pancasila merupakan satu-satunya falsafah dan ideologi negara Indonesia sebagai landasan, arahan, serta bimbingan untuk mecapai tujuan negara. Di dalam hukum kita dinyatakan bahwa seluruh wilayah Indonesia merupakan satu kesatuan hukum yang satu artinya hanya ada satu hukum nasional yang berlaku untuk kepentingan nasional.

2. Kesatuan Sosial Budaya

Dalam hal sosial dan budaya mempunyai arti bahwa masyarakat Indonesia adalah satu. Artinya seluruh aspek masyarakat baik dari keserasian masyarakat, kemajuan masyarakat, dan keselerasan hidup harus merata dan seimbang serta sesuai dengan kemajuan bangsa.

Kesatuan sosial dan budaya mempunyai arti bahwa budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu, sedangkan corak budaya yang beragam menggambarkan kekayaan buday Indonesia. Hal ini dapat menjadi modal dan landasan pembangunan budaya bangsa yang hasilnya dapat dinikmati seluruh warga negara Indonesia.

3. Kesatuan Ekonomi

Dalam hal ekonomi makna kesatuan mempunyai arti kekayaan wilayah nusantara baik yang potensial maupun efektif merupakan modal milik seluruh rakyat Indonesia. Sehingga semua keperluan hidup masyarakat harus tersedia secara merata di seluruh wilayah tanah air.

Kesatuan ekonomi mempunyai arti bahwa tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh wilayah tanpa meninggalkan ciri khas masing - masing daerah. Hal ini bertujuan agar dalam mewujudkan pemerataan ekonomi di berbagai daerah dapat merata di berbagai daerah tanpa mempengaruhi adat dan ciri khas daerah tersebut.

4. Kesatuan Pertahanan dan Keamanan

Pengertian kesatuan pertahanan dan keamanan adalah satu kesatuan pertahanan dan keamanan di seluruh tanah air. Hal ini berarti seluruh ancaman terhadap satu daerah dengan daerah lainnya pada dasarnya merupakan ancaman bagi seluruh bangsa dan negara.

Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam pembelaan negara dan bangsa sehingga kita harus meningkatkan rasa nasionalisme kita agar Indonesia tetap menjadi bangsa yang merdeka.

Demikian pembahasan kami mengenai wawasan nusantara secara lengkap semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan ikuti terus pembahasan mengenai pengetahuan umum serta materi pelajaran terlengkap kami.

Salam dari kami Klik Pengetahuan, Satu Klik untuk Kami Seribu Pengetahuan untuk Kalian.

0 Response to "Pengertian dan Unsur-Unsur Wawasan Nusantara"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait