Pengertian Identitas Nasional dan Unsur - Unsur Terbentuknya Identitas Nasional

Pengertian Identitas nasional - Kata Identitas Nasional tampaknya masih banyak dicari oleh penduduk di Indonesia. Hal ini di buktikan dengan banyaknya warga negara yang berselancar di internet untuk mencari pengertian identitas nasional/ arti identitas nasional, dan sebagainya. Semua ini menunjukkan bahwa kita masih bingung atau penasaran dengan arti identitas nasional.


Indentitas Nasional
Candi Borobudur merupakan Identitas Daerah

Secara umum identitas nasional merupakan jati diri yang khas/khusus yang dimiliki oleh suatu bangsa dan tidak dimiliki oleh bangsa yang lain. Jadi setiap warga negara seharusnya wajib mengetahui apa itu identitas nasional. Karena identitas nasional merupakan hal yang mutlak kita miliki dan menunjukkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia.

Pengertian Identitas Nasional

Istilah Identitas berasal dari kata Identitu. Kata ini artinya memiliki arti tanda karakter, ciri khas, serta jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain. Sedangkan istilah dari nasional adalah sebuah identitas yang ada pada kelompok yang lebih besar yang terikat oleh kesamaan budaya, agama dan bahasa maupun kesamaaan nonfisik seperti cita-cita, keinginan dan tujuan. Sekumpulan kelompok inilah yang kemudian disebut dengan identitas negara atau identitas nasional. Pengertian ini menimbulkan  atau melahirkan tindakan kelompok yang diwujudkan dalam bentuk organisasi atau lembaga masyarakat yang diberi atribut-atribut nasional.

Pengertian Identitas Nasional merupakan sekumpulan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan di Indonesia. Indonesia terdiri dari ratusan suku yang dihimpun dalam satu kesatuan Indonesia menjadi kebudayaan nasional dengan acuan pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar negara. Hal ini menunjukkan bahwa semua itu merupakan ciri khas yang harus kita tahu dan apresiasi keberadaanya sebagai warga negara Indonesia.

Unsur Unsur Identitas Nasional

Setelah mengerti tentang pengertian identitas nasional kita juga harus tahu apa sih unsur - unsur dari identitas nasional. Unsur-unsur identitas nasional Indonesia merupakan sekumpulan aspek yang majemuk. Kemajemukan ini adalah gabungan dari unsur unsur pembentuk identitas nasional yang terdiri dari :
  1. Suku Bangsa adalah salah satu dari unsur yang membentuk identitas nasional. Unsur suku bangsa ini bersifat askriptif atau ada sejak lahir. Di negara Indonesia terdapat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis yang tersebar di berbagai wilayah.

  2. Agama adalah unsur yang membentuk identitas nasional. Negara Indonesia merupakan masyarakat yang agamis. Agama-agama di Indonesia tumbuh dan berkembang di wilayah nusantara yaitu agama islam, katholik, kristen, hindu, budha dan kong hu cu.

  3. Kebudayaan adalah salah satu dari unsur yang membentuk identitas nasional. Unsur kebudayaan ini sangat dasar atau sudah sangat melekat di Indonesia. Kebudayaan merupakan hal yang patut kita hargai dan lestarikan. Hal ini sangat penting karena saat ini banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia baik yang memberi dampak positif ataupun negatif akibat proses globalisasi dan modernisasi.

  4. Bahasa adalah salah satu dari unsur yang membentuk identitas nasional. Bahasa merupakan identitas suatu bangsa. Hal ini berhubungan dengan ciri khas bangsa itu sendiri. Oleh sebab itu mari kita melestarikan bahasa kita dan juga mempopulerkannya agar ciri khas bangsa kita dikenal bangsa lain.
Dari unsur - unsur pembentuk identitas nasional di atas maka kita dapat membagi identitas nasional bangsa Indonesia menjadi berikut ini :
  • Identitas Fundamental terdiri dari pancasila sebagai falsafat bangsa, dasar negara dan ideologi negara.

  • Identitas Instrumental, terdiri dari UUD 1945 dan tata perundang-undangannya. Selain itu identitas instrumental ini juga meliputi bahasa yang digunakan bahasa Indonesia, bendera negara Indonesia, lambang negara Indonesia, lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya.

  • Identitas Alamiah mengandung arti bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan pluralisme dalam suku, budaya, bahasa dan agama serta kepercayaan.
Demikian pembahasan tentang pengertian identitas nasional dan unsur - unsurnya semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan bagikan pengetahuan ini ke teman kalian. Ikuti terus pengetahuan dan pembahasan materi pelajaran terlengkap dari kami setiap harinya.

Salam dari kami Pendidikan Sejarah, Satu Klik untuk Kami Seribu Pengetahuan untuk Kalian.

0 Response to "Pengertian Identitas Nasional dan Unsur - Unsur Terbentuknya Identitas Nasional"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait