Peristiwa Bandung Lautan Api dilengkapi galeri Foto Asli

Bandung Lautan Api - Peristiwa bersejarah dari salah satu kota besar di Indonesia yaitu kota Bandung. Pada tanggal 23 Maret 1946 seluruh penduduk di kota bandung membumi hanguskan harta benda dan kota tercinta dengan ikrar janji akan kembali ke kota tersebut. Ikrar dan semangat ini mengaung di seluruh penjuru kota lewat iringan lagu semangat bernama Halo - Halo Bandung. Peristiwa ini dikenal dengan Bandung Lautan Api.

bandung lautan api

Peristiwa Bandung Lautan Api

Pada tanggal 23 Maret 1946 dengan berat hati Tentara Republik Indonesia mematuhi perintah Republik Indonesia untuk mengosongkan Kota Bandung. Kota bandung sebelah selatan dibakar habis oleh para tentara dengan semangat dan janji akan kembali ke tanah penuh api tersebut.

Peristiwa ini dimulai saat tentara sekutu mulai memasuki kota Bandung pada bula Oktober 1945. Pada saat itu para pemuda dan pejuang kota Bandung sedang berdebat untuk melaksanakan pemindahan kekuasaan dan merenut senjata dari tangan tentara Jepang.

Para tentara Sekutu menuntut senjata-senjata yang diperoleh para pemuda dari tentara Jepang agar diserahkan kepada Sekutu. Tentara Sekutu mengeluarkan ultimatum pertama agar kota Bandung bagian utara dikosongkan oleh pihak Indonesia paling lambat tanggal 29 November 1945 untuk menjaga keamanan. Batas kota Bandung saat itu antara Utara dan Selatan adalah rel kereta api yang melintasi Kota Bandung. Ultimatum pertama ini tidak diindahkan atau dianggap oleh para pejuang sehingga sering terjadi insiden - insiden dengan para tentara Sekutu pada waktu itu.

Pada tanggal 23 Maret 1946 untuk kedua kalinya tentara Sekutu kembali mengeluarkan ultimatum supaya Tentara republik Indonesia (TRI) mengosongkan seluruh kota Bandung. Saat itu terjadi perdebatan antara Pemerintah Republik Indonesia yang berada di Jakarta yang setuju untuk mengosongkan kota Bandung dengan markas Tentara Repubik Indonesia di Yogya yang tidak setuju dengan ultimatum tersebut.

Pada akhirnya Tentara Republik Indonesia di Bandung dengan berat hati mematuhi perintah dari Jakarta. Sebelum meninggalkan kota tercinta, para pejuang Republik Indonesia melancarkan serangan umum ke markas Sekutu dan membumi hanguskan kota Bandung bagian Selatan.

Selain di kota Bandung, pertempuran - pertempuran dengan Sekutu dan NICA juga terjadi di berbagai kota d Jawa Barat. Di Sukabumi terjadi serangkaian peristiwa pertempuran dari bulan Desember 1945 sampai bulan Maret 1946. Peristiwa ini dikenal dengan Peristiwa Bojongkosan. Pertempuran lain juga terjadi di tempat lainnya seperti : di Gunung Masigit (Pertempuran Cimareme), Balaindah, Dayeuhkolot, Cijoho, Gekbrong, Cileungsir, dll.

Baca Juga : 5 Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia beserta Bukti-Bukti Sejarahnya

Galeri Bandung Lautan Api

1. Gambar di bawah ini menunjukkan pemeriksaan kartu pengenal keluar masuk kota Bandung oleh para pemuda Bandung.



2. Gambar di bawah ini menunjukkan Menteri Keamanan Rakyat Mr. Amir Syarifuddin ketika tiba di Bandung dan disambut oleh Arudji Kartawinata selaku pimpinan Tentara Republik Indonesia (TRI) setempat. Pada waktu itu Mr. Amir datang dengan perintah kepada TRI untuk mengundurkan diri dari kota Bandung pada tanggal 22 Maret 1946.


3. Gambar di bawah ini menunjukkan peristiwa kota Bandung bagian selatan dibakar menjadi lautan api oleh para pejuang sebelum meninggalkan kota pada tanggal 23 Maret 1946. Peristiwa Bandung Lautan Api ini diabadikan oleh seniman Ismail Marzuki dengan membuat syair lagu mars perjuangan yang sampai saat ini sangat terkenal yaitu Halo - Halo Bandung.


Syair Halo - Halo Bandung untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api

Syairnya sebagai berikut :
Halo, Halo Bandung,
Ibu kota Periangan,
Halo, Halo Bandung,
Kota kenang - kenangan.
Sudah lama beta,
Tidak Berjumpa dengan kau,
Sekarang telah menjadi lautan api,
Mari Bung rebut kembali.

Demikian Artikel yang berjudul Bandung Lautan Api semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang sejarah indonesia di masa lalu. Jika Artikel ini bermanfaat silahkan Share kepada teman-teman kalian dan ikuti terus pengetahuan - pengetahuan menarik kami lainnya.

Sumber : Buku 30 Tahun Indonesia Merdeka (Cetakan Ketujuh Tahun 1986)

Salam dari kami Pendidikan Sejarah, Satu Klik untuk Kami Seribu Pengetahuan untuk Kalian.

0 Response to "Peristiwa Bandung Lautan Api dilengkapi galeri Foto Asli"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait