Pengertian Globalisasi Lengkap dengan Penyebab dan Dampak Globalisasi

Pengertian Globalisasi Lengkap dengan Penyebab dan Dampak Globalisasi - Pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap tentang Globalisasi. Globalisasi merupakan kata yang tidak asing lagi dengan kehidupan kita. Berbagai aspek kehidupan di jaman sekarang sangat berkaitan dengan kata globalisasi ini. Berikut ini adalah pembahasan kami mengenai pengertian globalisasi, penyebab globalisasi, dan dampak dari globalisasi

Pengertian Globalisasi
Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Dari segi bahasa sebenarnya arti kata Globalisasi berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization. Kata Globalization merupakan gabungan dari dua kata yaitu global dan lization. Kata Global berarti mendunia sedangkan kata lization yang berarti proses. Dari kedua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa globalisasi adalah suatu proses untuk mendunia.

Pengertian globalisasi sangat luas baik secara umum maupun dari pendapat para ahli memiliki pengertian yang berbeda-beda. Oleh karena kami Klik Pengetahuan akan menguraikan secara jelas dari pengertian globalisasi ini dari berbagai pandangan sehingga kalian mudah untuk memahaminya.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Secara umum Pengertian Globalisasi merupakan sesuatu proses yang menyeluruh dan mendunia dimana setiap individu tidak terikat oleh negara atau batasan wilayah. Hal ini berarti setiap individu bebas untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi secara luas tanpa adanya batasan wilayah.

Proses globalisasi ini sebenarnya sudah kita terapkan dalam kehidupan kita tanpa kita sadari. Misalnya setiap hari kita bisa mendapatkan informasi yang luas secara bebas melalui internet. Selain itu kita juga pastinya sering berinteraksi atau berkomunikasi tanpa memikirkan batasan wilayah suatu negara. Hal ini merupakan ciri - ciri kita sudah di dalam proses globalisasi.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli atau Pakar

Berikut ini merupakan pengertian globalisasi dari pandangan para ahli internasional maupun nasional:
  1. Laurence E. Rothernberg berpendapat bahwa globalisasi adalah percepatan dari intensifikasi interaksi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara atau wilayah yang berbeda di dunia.

  2. Anthony Giddens berpendapat bahwa globalisasi merupakan intensifikasi hubungan sosial secara menyeluruh atau mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi satu dengan lokasi lainnya. Hal tersebut bisa dikatakan globalisasi jika dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial pada kedua lokasi tersebut. (Artikel Terkait : Perubahan Sosial)

  3. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan berpendapat bahwa globalisasi merupakan suatu proses yang terdiri dari penyebab, kasus, dan konsekuensi dari hubungan transnasional dan transkultural dari kegiatan manusia dan non-manusia.

  4. Emanuel Ritcher mempunyai pandangan bahwa globalisasi merupakan suatu jaringan kerja secara global yang mempersatukan masyarakat di seluruh dunia sehingga timbul proses saling ketergantungan.

  5. Martin Albrow berpendapat bahwa globalisasi merupakan seluruh proses dalam masyarakat yang terhubung ke dalam komunitas global atau dunia secara luas.

  6. Malcom Waters berpendapat bahwa globalisasi merupakan suatu proses interaksi sosial yang berdampak pada perubahan keadaan sosial budaya tanpa mementingkan wilayah geografis suati wilayah.

  7. Selo Soemardjan mengatakan bahwa globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya sistem interaksi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia baik secara individu maupun kelompok.

  8. Achmad Suparman berpendapat bahwa globalisasi merupakan sebuah proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku makhluk hidup sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah geografis.

Faktor Penyebab Globalisasi dan Dampak Globalisasi

Faktor Penyebab Globalisasi

Faktor berikut ini merupakan faktor yang menjadi penyebab utama terjadinya globalisasi di dunia ini.
  • Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang berperan penting di kehidupan manusia dalam mencari kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara.
  • Kerja sama ekonomi secara Internasional sehingga memudahkan terjadinya suatu kesepakatan atau transaksi antarnegara yang terjalin dengan erat.
  • Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi serta transportasi menjadikan kegiatan manusia menjadi mudah dalam urusan jasa transport dan pengiriman barang keluar negeri.

Dampak Globalisasi

Sebenarnya globalisasi menimbulkan pengaruh sangat baik secara keseluruhan akan tetapi jika kita tidak mengerti batasannya tentu akan menimbulkan sesuatu yang negatif untuk kita. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari globalisasi.

Artikel Terkait :
Pengertian Modernisasi
Pengertian Urbanisasi
Pengertian Industrialisasi 

Dampak Positif Globalisasi
  1. Pembangunan semakin banyak karena kelancaran interaksi dan komunikasi
  2. Kita menjadi semakin cepat dan mudah dalam berkomunikasi.
  3. Meningkatnya sektor ekonomi karena interaksi lebih produktif, efektif, dan efisien
  4. Dengan menyebarnya informasi dan komunikasi secara global Turisme dan pariwisata meningkat
  5. Informasi dan pengetahuan mudah didapatkan secara global.
  6. Taraf hidup dari individu dan penduduk meningkat.
  7. Dengan adanya globalisasi kita jadi termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri.
  8. Kemudahan dalam mencari transportasi dengan adanya fasilitas internet seperti gojek maupun taxi online, dsb.
Dampak Negatif Globalisasi
  • Berkuranganya sikap solidaritas, gotong royong, dan kesetiakawanan antara individu.
  • Berkurangnya kreativitas individu karena cenderung bersikap konsumtif.
  • Budaya atau adat suatu bangsa akan terkikisoleh budaya modern dan liberal.
  • Globalisasi menjadikan Informasi tidak terkendali dan tidak tersaring karena banyaknya berita hoax.
  • Perusahan lokal akan sulit berkembang karena kalah bersaing dengan perusahaan asing.
  • Tenaga individu dalam pertanian berkurang karena banyak teknologi mesin pertanian.
  • Munculnya sikap dan budaya kebarat-baratan yang menjadi gaya hidup dan mudah terkontaminasi.
  • Dampak utama tentunya menjadikan seseorang menjadi egois atau individualisme.
Demikian pembahasan lengkap mengenai pengertian globalisasi, penyebab dan dampaknya semoga menambah pengetahuan teman -teman semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share kepada teman kalian. Ikuti pembahasan lengkap lainnya mengenai pengetahuan umum dan materi pelajaran terlengkap hanya di Sejarah Nasional.

0 Response to "Pengertian Globalisasi Lengkap dengan Penyebab dan Dampak Globalisasi"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait