Pengertian Perubahan Sosial menurut Pandangan Para Ahli Sosiologi

Pengertian Perubahan Sosial menurut Para Ahli - Perubahan Sosial merupakan suatu gejala umum yang terjadi di masyarakat. Selain itu perubahan ini terjadi sepanjang masa selama manusia masih hidup. Tidak ada masyarakat di dunia ini yang tidak mengalami perubahan. Hal ini bersifat pasti bahkan bisa dibilang semua hal di dalam masyarakat mengalami perubahan.

Pengertian Perubahan Sosial
Contoh Perubahan Sosial

Perubahan sosial terjadi karena hakikat dan sifat dasar manusia itu sendiri. Manusia selalu berubah dan menginginkan perubahan dalam hidupnya. Manusia merupakan makhluk yang selalu menginginkan perubahan, aktif, kreatif, inovatif, dan selalu berkembang.

Pengertian Perubahan Sosial menurut Para Ahli

Konsep perubahan sosial ini telah menjadi perhatian banyak ahli sosiologi dari berbagai negara, berikut ini merupakan pengertian perubahan menurut para ahli :
  1. Pengertian Perubahan Sosial menurut Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima. Hal ini berarti adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun dengan difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

  2. Pengertian Perubahan Sosial menurut Selo Soemardjan adalah segala perubahan pada berbagai lembaga masyarakat dalam suatu lingkungan masyarakat yang memengaruhi sistem sosial. Sistem sosial ini termasuk di dalamnya nilai sosial, sikap, pola perilaku antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

  3. Pengertian Perubahan Sosial menurut Mac Iver adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relationship) atau perubahan terhadap keseimbangan (ekuilibrium) hubungan sosial.

  4. Pengertian Perubahan Sosial menurut Emile Durkheim adalah perubahan yang terjadi karena hasil faktor-faktor ekologis dan demografis. Faktor inilah yang mengubah kehidupan yang awalnya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern.

  5. Perubahan Sosial menurut William F. Ogburn adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial. Unsur ini menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

  6. Pengertian Perubahan Sosial menurut Samuel Koenig adalah modifikasi atau perubahan dari pola kehidupan di dalam masyarakat.

  7. Pengertian Perubahan Sosial menurut Karl Marx adalah perubahan-perubahan yang terjadi karena perkembangan teknologi dan hubungan antara kelas-kelas sosial yang berubah.

  8. Pengertian Perubahan Sosial menurut Raja adalah segala perubahan pada organisasi masyarakat di dalam suatu daerah yang memengaruhi suatu sistem sosial.

  9. Perubahan Sosial menurut Kingsley Darvis adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat itu sendiri.
Selain pengertian diatas jika kalian ingin mempelajari lebih lanjut tentang perubahan sosial silahkan  baca artikel kami lainnya tentang :
dan
Demikian artikel tentang 9 pengertian perubahan sosial semoga menambah pengetahuan teman - teman semua. Jika Artikel ini bermanfaat silahkan share kepada teman kalian dan ikuti terus pengetahuan pelajaran lainnya.

0 Response to "Pengertian Perubahan Sosial menurut Pandangan Para Ahli Sosiologi"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait