Contoh Modernisasi pada Bidang Sosial

Contoh Modernisasi pada Bidang Sosial - Melanjutkan artikel sebelumnya tentang pengertian modernisasi di Indonesia. Seperti yang telah saya jelaskan bahwa modernisasi adalah proses menjadi masyarakat modern. Contoh Modernisasi ada dari berbagai macam aspek seperti contoh modernisasi pada bidang teknologi, contoh modernisasi pada bidang sosial, contoh modernisasi pada bidang politik, dan keagamaan.

Pada artikel kali saya akan menjelaskan tentang contoh modernisasi pada bidang sosial. Modernisasi pada bidang sosial mencakup perubahan cara berpikir dan perilaku manusia atau masyarakat. Perubahan ini dapat mencakup perubahan yang efektif, efisien, rasional, dan pragmatis dari seseorang untuk mecapai tujuan yang telah direncanakan.

Banyak sekali faktor penyebab terjadinya modernisasi sosial. Faktor paling menonjol di negara berkembang seperti Indonesia adalah faktor teknologi dan ekonomi.

Contoh Modernisasi pada Bidang Sosial

1. Pola hubungan masyarakat desa yang berubah menjadi lebih rasional, efektif, dan efisien. 

Sebenarnya modernisasi pada bidang sosial ini merupakan efek samping dari modernisasi di bidang teknologi dan ekonomi. Perubahan teknologi dan teknik - teknik produksi baru dapat mempengaruhi perubahan sosial ekonomi masyarakat. Misalnya perubahan teknologi dan teknik produksi di sektor pertanian dapat mengubah pola pikir atau cara berpikir petani menjadi lebih rasional, efektif, dan efisien dalam produksi.

2. Perubahan pola pikir dan komunikasi yang tadinya sistem gotong royong menjadi individualis

Seperti yang kita ketahui gotong royong yang terjadi antara masyarakat desa sangat luar biasa. Akan tetapi dengan adanya modernisasi akan timbul Perubahan - perubahan yang dapat mengubah hubungan sosial di masyarakat pedesaan. Akibatnya akan timbul atau muncul pola hubungan baru antara petani dan masyarakat desa. Misalnya sistem hubungan sosial yang tadinya gotong royong menjadi individualis.

3. Perubahan Struktur Sosial antara masyarakat perkotaan

Pada tahun 1970 masyarakat Indonesia terjadi perkembangan Industrialisasi yang sangat pesat dengan adanya program pemerintah yaitu Pelita I. Hal tersebut menyebabkan terjadinya perubahan hubungan sosial antara masayarakat perkotaan. Munculnya berbagai macam pabrik industri di Indonesia menyebabkan perubahan yang sangat besar pada struktur sosial di masyarakat. Masyarakat Indonesia terbagi menjadi dua macam berdasarkan struktur sosialnya yaitu masyarakat industri dan masyarakat pertanian. Artinya ada masyarakat yang kehidupannya pada industri dan ada yang dari sektor pertanian seperti di daerah pinggiran kota.

4. Pengetahuan Masyarakat meningkat dengan menjadi Masyarakat Pencari Informasi

Dengan adanya modernisasi berdampak positif pada pengetahuan masyarakat. Peningkatan pengetahuan itu akibat dari meningkatnya sarana pendidikan dan kemampuan memperoleh informasi. Jadi pola pikir masyarakat berubah menjadi masyarkat yang suka mencari informasi sehingga pengetahuannya bertambah.

5. Pandangan masyarakat terhadap hal baru menjadi lebih terbuka

Hal ini merupakan dampak dari berkembangnya pendidikan dan pengetahuan. Pendidikan serta pengetahuan masyarakat yang meningkat membuat masyarakat mempunyai cakrawala baru untuk menyelesaikan permasalahan hidupnya. Pandangan ini mampu mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih terbuka dan kreatif dalam menerima unsur - unsur baru untuk kemajuan mereka.

Demikian artikel tentang contoh modernisasi pada bidang sosial semoga dapat menmabah pengetahuan teman -teman semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan Share dan  terus ikuti pengetahuan kami lainnya.

0 Response to "Contoh Modernisasi pada Bidang Sosial"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait