Pengertian Urbanisasi menurut Para Ahli

klikpengetahuan.com, Pengertian Urbanisasi menurut Para Ahli - Istilah urbanisasi pasti sudah sering teman- teman dengar. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian urbanisasi secara lengkap sehingga kalian dapat mengerti arti urbanisasi yang sebenarnya.

Perkembangan pola hidup baru di pedesaan dan perkotaaan saat ini semakin tidak seimbang. Hal ini bisa terjadi akibat urbanisasi besar - besaran tanpa memikirkan akibat dan permasalahan yang akan timbul kedepannya. Semakin hari banyak penduduk desa yang pergi merantau ke kota untuk mencari pekerjaan bahkan ada yang menetap menjadi warga kota. Hal ini jelas menimbulkan banyak permasalahan baik di kota maupun desa.

Kesenjangan sosial ekonomi yang mencolok antara desa dan kota menyebabkan munculnya gejala urbanisasi ini. Khususnya terjadi di negara berkembang di Indonesia ini yang berada pada proses modernisasi di berbagai aspek kehidupan.

Pengertian Urbanisasi menurut Para Ahli

Menurut Herlianto (1986) bahwa pengertian urbanisasi itu adalah sebagai berikut :
  • Urbanisasi merupakan suatu proses pertumbuhan daerah pertanian atau pedesaan menjadi suatu perkotaan.

  • Urbanisasi adalah daerah pedesaan yang berkembang menjadi kota atau desa yang memiliki ciri-ciri seperti kota.

  • Urbanisasi merupakan suatu proses yang dialami manusia dari bentuk kehidupan agraris di pedesaan menjadi kehidupan industri di perkotaan.

  • Urbanisasi merupakan suatu proses perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari pekerjaan sebagai petani di desa menjadi pekerjaan sektor industri di perkotaan.
Akan tetapi secara sosialasi urbanisasi sebenarnya meliputi aspek yang luas. Menurut J.H Goede pengertian urbanisasi pada dasarnya meliputi gejala -gejala sebagai berikut :
  1. Adanya arus perpindahan penduduk ke kota

  2. Bertambahnya tenaga kerja di sektor industri dan jasa

  3. Tumbuhnya pemukiman menjadi kota

  4. Munculnya daerah perkampungan kumuh (slum)

  5. Meluasnya pengaruh kota di daerah pedesaan meliputi segi ekonomi, sosial, psikologi, politik, dan kebudayaan dalam arti luas.
Jadi intinya pengertian urbanisasi menurut J.H Goede adalah proses perubahan masyarakat pedesaan menjadi masyarakat yang memiliki sifat dan ciri - ciri perkotaan.
Proses urbanisasi merupakan bagian penting dari pertumbuhan kota - kota besar di Indonesia selama ini. Dilihat dari segi pertambahan penduduknya, kota - kota besar di Indonesia mengalami urbanisasi yang luar biasa.

Dampak Urbanisasi di Indonesia 

Selain memberikan beberapa keuntungan dan manfaat sebenarnya urbanisasi ini banyak memberikan dampak yang negatif di masyarakat. Banyak permasalahan yang terjadi akibat dari urbanisasi ini. Berikut ini merupakan contoh nyata dari dampak ini adalah ketimpangan atau tidak meratanya penduduk antara desa dan kota.

Artikel Terkait : Faktor Pendorong Urbanisasi

Hal ini menyebabkan kota besar seperti jakarta dan surabaya terjadi kemacetan yang hampir tidak ada solusinya. Selain itu dalam mentalitas dan moralitas penduduk perkotaan banyak yang mengalami kemerosotan. Misalnya banyak terjadi kejahatan dan kriminalitas dari preman hingga pelajar sekolah.

Semua dampak diatas terjadi karena kurangnya pemikiran dan solusi sebelum terjadinya besar -besaran. Banyak faktor yang menyebabkan penduduk desa melakukan migrasi atau urbanisasi ke daerah perkotaan. Diantara faktor tersebut saya akan menyimpulkan urbanisasi ke dalam dua faktor utama yaitu faktor penarik dan faktor pendorong urbanisasi. Hal ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya agar kalian bisa lebih jelas dan tidak merasa bosan.

Demikian artikel saya tentang pengertian urbanisasi menurut para ahli semoga dapat menambah pengetahuan teman -teman semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan Share ke teman kalian dan simak terus pengetahuan menarik lainnya dari kami.

1 Response to "Pengertian Urbanisasi menurut Para Ahli"

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait