Faktor Pendorong Urbanisasi di Indonesia beserta Faktor Penariknya

Faktor Pendorong Urbanisasi di Indonesia - Melanjutkan artikel sebelumnya tentang pengertian urbanisasi saya akan menjelaskan faktor pendorong urbanisasi. Sebenarnya faktor pendorong urbanisasi ini sangat ini sangat berkaitan dengan faktor pendorong urbanisasi sendiri.
pengertian urbanisasi
Urbanisasi

Faktor penarik urbanisasi merupakan berbagai macam daya tarik yang dimiliki kota yang membuat orang 0orang desa tertarik untuk pergi ke kota. Daya tarik tersebut diantaranya sebagai berikut :
  1. Daya tarik ekonomi, yaitu berhubungan dengan harapan bisa mendapatkan uang di kota dengan pekerjaan bergaji besar.

  2. Daya tarik sosial, berhubungan dengan berharap memperoleh status sosial yang tinggi sesuai pendidikannya dalam bekerja.

  3. Daya tarik pendidikan, yaitu berhubungan dengan fasilitas pendidikan di perkotaan yang lebih lengkap sehingga tertarik untuk melanjutkan sekolah di kota.

  4. Daya tarik budaya dan hiburan, berhubungan dengan keinginan seseorang untuk mendapatkan hiburan dan kesenangan dengan pola hidup modern dan glamour.

Faktor Pendorong Urbanisasi di Indonesia

Dengan adanya faktor penarik tersebut menjadi pendorong seseorang untuk tertarik melakukan urbanisasi secara masal dan berkelanjutan. Hal ini disebut juga faktor pendorong urbanisasi. Sementara pengertian faktor pendorong urbanisasi adalah keadaan-keadaan tertentu yang mendorong penduduk desa harus meninggalkan desa menuju ke kota.


Diantara berbagai macam faktor urbanisasi, faktor kemiskinan di desa sering menjadi pendorong utama untuk melakukan urbanisasi. Penyebab kemiskinan itu dapat terjadi dari berbagai macam sebab seperti kelahiran dan fasilitas yang tidak seimbang, modernisasi pertanian, dan terdesaknya produk desa oleh produk modern.

Selain kemiskinan faktor pendorong urbanisasi lainnya adalah kurangnya fasilitas pendidikan yang tersedia di desa, makin sempitnya peluang usaha di desa, dan juga keinginan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik di kota. Faktor - faktor inilah yang menjadi faktor pendorong urbanisasi.

Urbanisasi memang merupakan cara yang dianggap instan oleh sebagian besar penduduk desa untuk menaikkan derajatnya. Meskipun dalam kenyataannya urbanisasi ini malah menimbulkan banyak permasalahan baik secara moral maupun kurangnya infrastruktur di perkotaan. Oleh karena pemerintah harus memikirkan berbagai cara dan solusi agar urbanisasi ini menjadi ideal.

Urbanisasi bisa dikatakan ideal apabila peningkatan jumlah penduduk di perkotaan disertai dengan peningkatan sarana dan fasilitas hidup di perkotaan. Selain itu urbanisasi dapat dikatakan ideal jika para pendatang dari desa memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan cara hidup di kota sehingga tidak menimbulkan masalah kesenjangan budaya antara desa dan kota.

Demikian artikel tentang Faktor Pendorong Urbanisasi semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan dan ikuti pembahasan materi sejarah nasional kami lainnya.

0 Response to "Faktor Pendorong Urbanisasi di Indonesia beserta Faktor Penariknya"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait