Contoh Modernisasi Politik di Indonesia

Contoh Modernisasi Politik di Indonesia -Menindaklanjuti artikel yang pernah saya tulis tentang pengertian Modernisasi di Indonesia. Saya akan menjelaskan contoh modernisasi dari berbagai aspek kehidupan. Diantaranya adalah contoh modernisasi teknologi, contoh modernisasi sosial, contoh modernisasi politik, dan keagamaan.

Contoh modernisasi bidang politik
Modernisasi Politik

Gejala modernisasi pada bidang politik di Indonesia dapat dilihat dari munculnya birokrasi dan administrasi pemerintahan yang baru. Selain itu modernisasi politik juga dapat terlihat dengan munculnya berbagai macam lembaga atau partai politik.

Lembaga atau partai politik ini menggantikan sistem lama yang berdasarkan kerajaan atau feodal. Sebenarnya hal ini hanya salah satu dari gejala modernisasi politik di Indonesia. Modernisasi politik di Indonesia merupakan kerangka untuk menentapkan dan melaksanakan kebijakanaan kekuasaan. Kebijaksaan itu menyangkut usaha dan pelaksanaan tujuan masyarakat yang dianggap sebagai kepentingan umum.

Contoh Modernisasi Politik di Indonesia

Selain munculnya banyak lembaga politik dan perubahan sistem pemerintahan di Indonesia, contoh modernisasi politik masih sangat banyak. Hal ini tidak bisa terlepas karena kepentingan politik dianggap sebagai kepentingan umum dan kepentingan rakyat. Contoh modernisasi poltik di Indonesia dapat dibagi dalam 3 kategori yaitu :
  • Diferensiasi struktur politik

  • Rasionalisasi kebudayaan politik

  • Peningkatan partisipasi politik
Saya akan menjelaskan satu persatu sehingga kalian dapat menerima pengetahuan tentang contoh modernisasi politik ini dengan jelas dan mudah dipahami.

1. Diferensiasi Struktur Politik

Diferensiasi struktur politik merupakan timbulnya struktur yang khas untuk keperluan fungsi - fungsi politik tertentu. Hal ini dapat dilihat dari tumbuhnya organisasi - organisasi yang mempunyai tujuan politik. Organisasi - organisasi ini menggantikan sistem lama yang bergantung pada raja dan pegawai kerajaan.

Diferensiasi politik di Indonesia sangat jelas terlihat di dalam struktur pembagian kekuasaan antara lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif dalam pelaksanaan politik negara. Selain itu munculnya banyak partai di Indonesia dan organisasi - organisasi masyarakat juga menimbulkan diferensiasi politik di Indonesia.

2. Rasionalisasi Kebudayaan Politik

Rasionalisasi kebudayaan poltik adalah perubahan pandangan tentang fungsi dan cara kerja lembaga politik. Hal ini secara otomatis menggantikan kekuasaan berdasarkan keturunan bangsawan atau kerajaan yang berlaku pada zaman kerajaan.

Contohnya pada saat di jaman kerajaan pemegang kekuasaan berikutnya pasti merupakan keturunan atau kerabat dekat kerajaan. Namun pada saat ini hal ini sudah tidak berlaku lagi karena kekuasaan di pegang oleh rakyat. Jadi sistem pemilihan kekuasaan dilakukan dengan cara pemilihan umum (pemilu).

3. Peningkatan Partisipasi Politik

Partisipasi anggota masyarakat dalam politik meningkat karena beberapa hal seperti :
  • Integrasi masyarakat lokal dalam pelaksanaan politik nasional semakin besar.

  • Media komunikasi yang berkembang pesat.

  • Kebergantungan fungsi politik antara organisasi politik semakin besar.
Dalam proses modernisasi di Indonesia ini berlangsung sangat cepat karena proses komunikasi yang menimbulkan terciptanya berbagai macam organisasi masyarakat. Selajutnya organisasi masyarakat ini lambat laun pasti akan memegang peranan penting dalam politik.

Dalam proses modernisasi politik kekuatan - kekuatan sosial semacam ini harus di dukung. Karena nantinya organisasi ini jika diberikan ruang dalam partisipasi politik akan mempunyai kapasitas politik di masyarakat untuk kepentingan umum.

Demikian artikel tentang contoh modernisasi politik di Indonesia semoga menambah pengetahuan teman -teman semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan terus ikuti pengetahuan lainnya dari kami.

1 Response to "Contoh Modernisasi Politik di Indonesia"

  1. Contoh Modernisasi Politik Di Indonesia - Situs Ilmuku >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Contoh Modernisasi Politik Di Indonesia - Situs Ilmuku >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Contoh Modernisasi Politik Di Indonesia - Situs Ilmuku >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK ir

    BalasHapus

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait