Pengertian Modernisasi di Indonesia

Pengertian Modernisasi di Indonesia - Membicarakan kata modern tidak akan ada habisnya karena saat ini kita hidup di jaman yang serba modern. Modern itu merupakan lawan kata tradisional, jadi jika tradisi berhubungan dengan hal - hal lama maka modern merupakan hal - hal baru. Sebenarnya Modernisasi ini mempunyai arti yang sama dengan industrialisasi seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya.
Pengertian Modernisasi
Modernisasi di Indonesia
Modernisasi sendiri merupakan suatu gejala yang dapat terjadi dalam segala aspek di indonesia. Seperti yang kita ketahui aspek - aspek kehidupan saat ini terbagi menjadi aspek sosial, ekonomi, politik, agama, dan sebagainya. Pada kesempatan kali saya akan menjelaskan tentang pengertian modernisasi dalam berbagai aspek kehidupan Indonesia secara lengkap.

Pengertian Modernisasi di Indonesia

Dari segi bahasa modernisasi merupakan proses menjadi masyarakat yang modern. Jadi bisa dikatakan bahwa modernisasi adalah proses perubahan dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang modern. Modernisasi adalah suatu gejala sosial yang bisa kita amati tanda - tandanya dalam kehidupan masyarakat. Sehingga kita dapat melihat perkembangan masyarakat di Indonesia.

Menurut J.W. School (1981) modernisasi tidak dapat didefinisikan hanya dalam satu atau dua kalimat karena memiliki gejala yang berhubungan dengan segala aspek kehidupan. Kita dapat mengetahui arti modernisasi jika kita mengklasifikasikannya dan mengenali tanda - tanda dalam beberapa aspek kehidupan tersebut. Untuk lebih jelasnya modernisasi di Indonesia dapat ditinjau dalam aspek- aspek sebagai berikut :
  1. Aspek ekonomi dan teknologi
  2. Aspek Sosial
  3. Aspek Politik
  4. Aspek Agama dan kepercayaan
  5. Aspek kebudayaan
  6. dan sebagainya
Jadi dapat kita simpulkan bahwa modernisasi merupakan penerapan ilmu pengetahuan yang rasional dan ilmiah terhadap semua aktivitas di semua bidang masyarakat atau aspek kehidupan seperti aspek ekonomi, teknologi, sosial, politik, agama, kebudayaan, dan sebagainya. Masyarakat bisa dibilang modern atau kurang jika kita meninjaunya dari seberapa besar penggunaan IPTEK dalam masyarakat tersebut.

Dampak Modernisasi di Indonesia

Modernisasi dapat menimbulkan perubahan baik di masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Perubahan - perubahan itu dapat menyebabkan perkembangan pusat perdagangan, pertokoan, indusri, dan aktivitas sosial. Walaupun demikian perubahan ini juga bisa menjadi mata pisau bagi kita. Sebab jika kita tidak bisa mengontrol perubahan - perubahan seperti gaya hidup, glamor, tempat hiburan, dll maka akan berdampak buruk bagi kita.

Baca juga artikel :
1. Contoh Modernisasi bidang Sosial
2. Contoh Modernisasi bidang Teknologi dan Ekonomi
3. Contoh Modernisasi bidang Politik

Demikian artikel tentang Pengertian modernisasi di Indonesia semoga dapat menambah pengetahuan teman - teman semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan Share ke teman kalian agar berguna untuk orang di sekitar kita. Ikuti terus pengetahuan -pengetahuan menarik dari kami setiap harinya.

Salam dari kami Pendidikan Sejarah, Satu Klik untuk Kami Seribu Pengetahuan untuk Kalian

0 Response to "Pengertian Modernisasi di Indonesia"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait