Contoh Modernisasi pada Bidang Teknologi dan Ekonomi

Contoh Modernisasi pada Bidang Teknologi dan Ekonomi - Melanjutkan Artikel saya sebelumnya tentang Pengertian Modernisasi di Indonesia. Pada artikel sebelumnya dijelaskan bahwa Modernisasi di Indonesia dapat dilihat dari perkembangan  di dalam aspek Teknologi, aspek Sosial, aspek Politik, dan aspek Agama.

Contoh Modernisasi Teknologi
Ilustrasi Modernisasi Teknologi

Contoh Modernisasi teknologi di Indonesia dapat kita lihat dalam perkembangan pemakaian teknologi. Penggunaan teknologi yang semula bersifat sederhana berubah menjadi teknologi yang serba canggih. Hal ini tentu berkaitan erat dengan terjadinya proses industrialiasi di setiap sektor ekonomi Indonesia.

Contoh Modernisasi Teknologi dan Ekonomi

Sektor pertanian, kita dapat menyaksikan gejala modernisasi pada penggunaan teknologi baru dalam kegiatan pertanian. Penggunaan teknologi ini kemudian mengubah cara produksi, teknik produksi, dan hubungan sosial di pedesaan yang mayoritas sebagai petani.

Contoh penggunaan teknologi dalam pertanian :
  • Penggunaan pupuk yang semula pupuk kandang menjadi pupuk urea.

  • Pemakaian bibit padi jenis lokal diganti dengan bibit unggul

  • Pemakaian traktor sebagai pengganti hewan pembajak sawah seperti sapi dan kerbau.

  • Penerapan teknik irigasi baru

  • Penggunaan mesin penggilingan padi menggantikan cara lama yaitu menumbuk padi.
Munculnya berbagai macam teknologi baru ini sebenarnya berawal dari program pemerintah. Program - program tersebut berawal dari Program Bimas (Bimbingan Masyarakat), Inmas (Intensifikasi Masyarakat), Intensifikasi khusus (Insus). Kemudia program - program tersebut disempurnakan oleh Suprainus yang berlaku hingga sekarang ini. 


Contoh Modernisasi teknologi dalam Industri

Contoh Modernisasi teknologi juga dapat kita lihat dalam kemajuan produksi ekonomi di sektor industri perkotaan. Di sektor industri perkembangan teknologi terjadi pada perkembangan cara produksi yang terus dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas. Contohnya sebagai berikut :
  • Pengunaan mesin yang awalnya tenaga minyak bumi menjadi mesin yang bertenaga listrik.

  • Pengunaan alat -alat elektronik dalam proses produksi

  • Pengunaan komputer dalam mengolah berbagai kegiatan dan pencatatan

  • Penggunaa telepon dan faksimile dalam berkomunikasi
Jadi Kesimpulannya Penggunaan teknologi baru dapat mengubah cara atau teknik produksi menjadi lebih efisien. Oleh karena itu produksi dan pertumbuhan ekonomi dapat meningkat. Di sektor pertanian, penggunaan teknologi baru ini telah meningkatkan produksi pertanian secara signifikan sejak tahun 1970 hingga swasembada beras pada tahun 1984.

Sementara itu di bidang industri perkembangan ini telah berhasil meningkatkan produksi barang dan jasa secara kontinu atau terus menerus. Hal ini tentunya berdampak positif sehingga membuat pertumbuhan ekonomi negara meningkat serta meningkatkan ekonomi masyarakat baik pedesaan maupun perkotaan.

Demikian artikel tentang Contoh Modernisasi bidang teknologi dan ekonomi semoga dapat menambah pengetahuan teman - teman semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan Share ke teman kalian agar dapat berguna untuk orang lain. Ikuti terus pengetahuan lain dari kami setiap harinya.

Salam dari kami Pendidikan Sejarah, Satu Klik untuk Kami Seribu Pengetahuan untuk Kalian.

1 Response to "Contoh Modernisasi pada Bidang Teknologi dan Ekonomi"

  1. Contoh Modernisasi Pada Bidang Teknologi Dan Ekonomi - Situs Ilmuku >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Contoh Modernisasi Pada Bidang Teknologi Dan Ekonomi - Situs Ilmuku >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Contoh Modernisasi Pada Bidang Teknologi Dan Ekonomi - Situs Ilmuku >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 2w

    BalasHapus

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait