Pengertian Ketahanan Nasional beserta Asasnya

Pengertian Ketahanan Nasional beserta Asasnya - Ketahanan Nasional merupakan hal yang harus dimiliki setiap negara. Hal ini berhubungan dengan pertahanan suatu negara untuk terus bertahan dari gangguan negara lain. Oleh karena itu sebagai warga negara Indonesia seharusnya kita wajib mengetahui tentang pengertian ketahanan negara beserta asas di dalamnya.
Pengertian Ketahanan Nasional
Ketahanan Nasional

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dari ketahanan negara dan asas - asas ketahanan negara. Silahkan simak baik - baik agar kalian dapat mengerti penjelasan saya dengan jelas dan dapat kalian mengerti.

Pengertian Ketahanan Nasional dan Asas - asasnya

Secara bahasa arti dari ketahanan nasional berarti kekuatan untuk bertahan dan juga nasional berarti negara kita. Jadi arti dari ketahanan nasional merupakan keuletan atau ketangguhan dalam bertahan suatu negara yang dimiliki oleh setiap warga negara untuk mengahadapi hambatan, tantangan, dan juga ancaman yang berasal dari luar negeri ataupun dari dalam negeri.

Dalam pengertian lain dari beberapa sumber bahwa ketahanan nasional adalah kondisi kehidupan nasional untuk menjaga keharmonisan suatu negara dari segala macam gangguan dan harus diwujudkan serta dibina secara berkelanjutan oleh setiap warga negara.

Ketahanan Nasional harus diwujudkan dari tingkat kecil sampai tingkat besar. Maksudnya ketahanan nasional ini harus dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan negara dengan koordinasi yang solid. Koordinasi yang solid ini bertujuan untuk menjaga sikap nasionalisme sehingga mampu mengembangkan kekuatan nasional.

Ketahanan nasional setiap negara termasuk Indonesia harus diwujudkan secara berkelanjutan dan disadari oleh setiap warga negara. Hal ini dikarenakan dalam prosesnya pasti setiap negara mengalami suatu permasalahan, tantangan, dan juga hambatan yang perlu diatasi oleh semua warga negara.


Asas - Asas Ketahanan Nasional dan Sifatnya

Ketahanan Nasional mempunyai asas yang berada di dalamnya dan asas ini juga dimiliki negara kita Indonesia. Asas -asas ketahanan nasional Indonesia adalah tata cara yang mempunyai dasar nilai -nilai hukum dan pancasila, Undang - undang Dasar 1945 serta wawasan nasional.

Berikut ini merupakan asas -asas ketahanan nasional yang perlu kalian ketahui :
  1. Asas kesejahteraan dan keamanan

  2. Asas Komprehensif integral atau menyeluruh terpadu

  3. Asas mawas ke dalam dan mawas keluar

  4. Asas kekeluargaan
Sifat Ketahanan Nasional

Selain asas dan pengertian Ketahanan Nasional juga memiliki Sifat yang wajib kita ketahui. Berikut ini adalah sifat dari Ketahanan Nasional :
  • Sifat Mandiri. Sifat ini merupakan salah satu hal yang menjadi syarat untuk bisa menjalin kerjasama dengan negara-negara lain. Hal ini bertujuan agar bisa mendapatkan hal-hal yang dianggap dapat saling menguntungkan antara satu sama lainnya.
  • Sifat Dinamis. Hal ini mempunyai arti bahwa semua hal akan cepat berubah mengikuti perkembangan jaman. Jadi sikap kita dalam menjaga nama baik bangsa ini harus mengikuti perkembangan jaman. Walaupun negara Indonesia dimasuki berbagai kebudayaan dan hal - hal baru kita harus tetap menjaga nasionalisme kita.

  • Sifat Wibawa. Hal ini harus dimiliki ketahanan nasional karena dengan menjaga wibawa bangsa kita membuat bangsa kita dihargai. Jadi semakin tinggi wibawa dari ketahanan nasional maka akan semakin tinggi pula dari kewibawaan nasional.

  • Konsultasi dan kerjasama. Hal ini mempunyai arti semua warga negara harus mempunyai sikap yang solid. Sifat solid ini adalah konsultatif, kerjasama, saling menghargai, dan juga saling menghormati orang lain untuk menjaga keharmonisan nasional.
Demikian artikel tentang pengertian Ketahanan Nasional dan Asas serta sifatnya semoga menambah pengetahuan teman -teman semua. Jika artikel ini bermanfaat silahkan Share artikel ini dan terus ikuti pengetahuan lainnya dari kami.

0 Response to "Pengertian Ketahanan Nasional beserta Asasnya"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait