Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disertai Gambar Aslinya

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disertai Gambar Aslinya - Perjuangan bangsa indonesia melawan penjajahan sangat patut kita hargai. Berkat para pahlawan sekarang kita saat ini dapat terbebas dari kejamnya penjajah di jaman dulu. Perjuangan bangsa ini ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia.
teks proklamasi kemerdekaan

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi kemerdekaan Indonesia dilandasi semangat, tekad yang kuat, serta keyakinan penuh dengan dilandasi cita-cita luhur bangsa Indonesia seperti tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak setiap bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.
Kutipan Pembukaan UUD 1945 di atas merupakan landasan dari perjuangan bangsa Indonesia dalam merumuskan proklamasi kemerdekaan. Berikut ini adalah isi dari Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia :

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal yang mengenai perpindahan kekuasaan dll, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta

Galeri Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia :

1. Naskah Konsep Teks Proklamasi Kemerdekaan. Gambar di bawah ini menunjukkan konsep Teks Proklamasi Kemerdekaan, yang semula ditulis di atas secarik kertas oleh Ir. Soekarno. Coretan-coretan yang terdapat dalam gambar menunjukkan sekian banyak pertimbangan sebelum akhirnya tercapai kata sepakat. Peristiwa penyusunan ini akhirnya mencapai kesepakatan tentang isi dan susunan redaksinya pada dini hari tanggal 17 Agustus 1945.

2. Teks Proklamasi Kemerdekaan Asli. Gambar di bawah ini menunjukan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang otentik atau asli. Teks di dalam gambar ditandatangani oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa indonesia. Pada gambar juga tertera tahun yang tercantum adalah 05, singkatan dari tahun 2605 (tahun Jepang) atau dalam tahun masehi sama dengan 1945.

3. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan. Gambar dibawah ini menunjukkan Ir. Soekarno di dampingi oleh Drs. Mohammad Hatta sedang membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan. Proklamasi Kemerdekaan ini dilakukan pada hari Jumat 17 Agustus 1945 jam 10 pagi di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. (sekarang dinamakan Jalan Proklamasi)

4. Gambar di bawah ini menunjukkan Upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih di halaman gedung Pegangsaan Timur 56 setelah pembacaan Proklamasi Kemerdekaan. Bendera ini dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno dan dikibarkan setiap tanggal 17 Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Bendera ini tidak lagi dikibarkan mulai tahun 1968 dan diganti dengan duplikat untuk menjaga Bendera Pusaka agar tidak rusak.

5. Gambar di bawah ini menunjukkan mereka yang hadir dengan khidmat dalam mengikuti jalannya upacara Proklamasi Kemerdekaan. Mereka yang di barisan depan (dari kanan ke kiri) adalah Mr. Latuharhary, Soewirjo, Ibu Fatmawati, Dr. Samsi, dan Ny. S.K. Trimurti. Sedangkan yang berada mereka yang tampak di bagian belakang adalah Mr. A.G Pringgodigdo dan Mr. Soedjono.

Demikian artikel kami tentang Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disertai dengan galeri peristiwa secara lengkap semoga dapat menambah pengetahuan kalian. Jika Artikel ini bermanfaat silahkan Share kepada teman-teman kalian dan jangan lupa simak pengetahuan-pengetahuan lainya.

Sumber : 30 Tahun Indonesia Merdeka (Cetakan Ketujuh Tahun 1986)

Salam dari kami Pendidikan Sejarah, Satu Klik Untuk Kami Seribu Pengetahuan Untuk Kalian.

0 Response to "Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disertai Gambar Aslinya"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. Senang sekali anda sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait